proses pembuatan kubah masjid emas | 081235558859

Proses Pembuatan Kubah Masjid Emas

 proses pembuatan kubah masjid emas
Kubah Masjid Emas, atau umum disebut dengan masjid Dian Al Mahri merupakan salah satu masjid yang indah di Indonesia. Masjid yang indah tentu tidak terlepas dari jasa kontraktor kubah masjid yang sudah handal dan terpercaya pastinya.  Masjid kubah emas berada di jl. Meruyung, kecamatan limo,  Kota Depok.

Untuk ketebalan emas yang melapisi kubah sekitaran 2 sampai 3 milimeter, kecuali emas juga dilapisi dengan mozaik Kristal. Bentuk dari kubah paling utama ini hampir serupa dengan kubah ada di Taj Mahal. Kubah ini memiliki diameter dibagian bawahnya 16 mtr. untuk bagian tengah memiliki diameter 20 mtr., sedang tingginya 25 mtr.. Ukuran diameter untuk kubah kecil yaitu, bagian bawah 6 mtr., dibagian tengah 7 mtr. dan untuk tingginya 8 mtr.
Dibagian interior untuk masjid kubah emas ada lampu gantung yang di berasal dari Italia yang mempunyai berat 8 ton. Selain itu ada pula hiasan berupa relief yang ada di tempat imam, relief itu terbuat dari emas juga, didalam masjid itu ada 168 buah pilar yang dilapisi oleh sisa emas, pilar ini berdiri dengan kuat yang buat keadaan dalam ruangan itu terlihat agung. selain itu ada pula hiasan kaligrafi yang berada di langit – langit masjid.

Pembuat Masjid Kubah Emas

Masjid kubah emas di buat oleh Hj. Djuriah Maimun Al Rasyid, yang berprofesi jadi entrepreneur atau pengusaha yang datang dari Banten. Pada awalnya Hj. Djuriah Maimun Al Rasyid miliki kemauan untuk menjadikan masjid itu jadi tempat Islamic Center yang terdiri dari pondok pesantren, taman kanak – kanak sampai dengan SMU serta buat juga ruangan public dakwah dan peradapan islam.
Bangunan masjid ini menempati tanah seluas 50 hektar. Halaman masjid inimempunyai ukuran 45 kali 57 mtr. dan dengan ukuran sebesar itu dapat di idi  sekitaran 8. 000 jamaah. Enam Menara yang ada di masjid kubah emas melambangkan rukun iman, menara itu juga memiliki keunggulan yaitu, menara itu dibalut dengan batu granit abu – abu serta dibagian puncaknya dilapisi emas 24 karat. Lima kubah yang berada di masjid itu melambangkan rukun islam, kubah itu juga dilapisi dengan emas.
Warna cat yang kuasai masjid itu yakni warna krem karna dengan pemilihan warna krem ini berikan kesan ruang yang tenang dan cocok untuk seseorang yang tengah melakukan beribadah didalamnya. Di bagian lampu yang berada di dalam ruang masjid ini juga berlapis emas yang memiliki berat 2, 7 ton. Masjid kubah emas yakni masjid termegah di Asia Tenggara. Masjid ini terbuka untuk umum dan dibukanya tidak keseharian. Kubah masjid emas ini mulai dibuka untuk umum pata tanggal 31 desember 2006 dan pada tanggal itu bertepatan juga dengan hari raya idul adha. Pembangunan dari masjid ini sendiri dimulai pada tanggal 1999. Saat peresmian masjid kubah emas ini dikerjakan setelah sholat idul adha dan saat itu ada sekitaran 5 ribu jamaah.

Proses Pembuatan Kubah Masjid Emas

Dalam pembuatan masjid kubah emas ini menggunakan tiga teknik dalam pemasangannya, yaitu :
• serbuk emas, teknik ini pada bagian mahkota/pilar
• gold plating, proses ini diterapkan dibagian lampu gantung langit – langit kubah, tangga serta mimbar mihrab
• Gold mozaik, proses ini pada bagian kubah paling penting dan menara

Komentar

Postingan populer dari blog ini

video pembuatan kubah masjid | 081235558859

rab pembuatan kubah masjid | 081235558859

tempat pembuatan kubah masjid | 081235558859