sejarah pembuatan masjid kubah emas | 081235558859

sejarah pembuatan masjid kubah emas

sejarah pembuatan masjid kubah emas
Masjid ini dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, pengusaha asal Banten, yang telah membeli tanah ini sejak tahun 1996.  Masjid ini mulai dibangun sejak tahun 2001 dan selesai sekitar akhir tahun 2006. Masjid ini dibuka untuk umum pada tanggal 31 Desember 2006, bertepatan dengan Idul Adha yang kedua kalinya pada tahun itu. Dengan luas kawasan 50 hektare, bangunan masjid ini menempati luas area sebesar 60 x 120 meter atau sekitar 8000 meter persegi. Masjid ini sendiri dapat menampung sekitar kurang lebih 20.000 jemaah. Kawasan masjid ini sering disebut sebagai kawasan masjid termegah di Asia Tenggara.
Masjid Dian Al Mahri dikenal juga dengan nama Masjid Kubah Emas adalah sebuah masjid yang dibangun di tepi jalan Raya Meruyung, Limo, Depok di Kecamatan Limo, Depok. Masjid ini selain sebagai menjadi tempat ibadah salat bagi umat muslim sehari-hari, kompleks masjid ini juga menjadi kawasan wisata keluarga dan menarik perhatian banyak orang karena kubah-kubahnya yang dibuat dari emas. Selain itu karena luasnya area yang ada dan bebas diakses untuk umum, sehingga tempat ini sering menjadi tujuan liburan keluarga atau hanya sekadar dijadikan tempat beristirahat.

sejarah pembuatan masjid kubah emas

Bukan tanpa alasan masjid ini disebut sebagai kubah emas.
Hampir seluruh bagian masjid memang dilapis emas. Tehnik pemasangannya terdiri dari tiga cara. Pertama, serbuk emas (prada) terdapat di mahkota pilar atau tiang kapital. Kedua, gold plating terdapat pada lampu gantung, railing tangga mesanin, pagar mezanin, ornamen kaligrafi kalimat tasbih pada puncak langit kubah, dan ornamen dekoratif diatas mimbar mihrab.
Ketiga, gold mozaik solid yang terdapat pada kubah menara dan kubah utama. Tujuan awalnya, untuk membuat masjid terlihat megah dan indah.
"Dengan begitu kita semua dapat melaksanakan kewajiban kita sebagai umat Islam dalam keindahan Islam," tandasnya.
 
Masjid Kubah Emas berdiri di atas lahan seluas 70 hektar, sedangkan luas masjid adalah 8.000 meter persegi. Bangunan masjid sendiri terdiri atas ruang utama, ruang mezanin, halaman dalam, selasar atas, dan ruangan fungsional lainnya. Diperkirakan masjid itu mampu menampung 15 ribu jamaah untuk melaksanakan sholat, serta 20 ribu untuk majelis taklim. Konsep umum bangunan mengikuti tipologi dengan ciri kubah, minaret, halaman dalam, dan penggunaan hiasan dekoratif. Luas halaman dalam masjid berukuran 45x57 meter.
 
Enam minaret berbentuk segi enam yang menjulang keangkasa setinggi 40 meter melambangkan rukun iman. Keenam minerat dibungkus grainit abu-abu daru uruka dengan irnamen melingkar. Pada kubahnya sendiri terdapat kubah berlapis mozaik emas 24 karat. "Bangunan kubahnya mengacu pada kubah di negara Perasia dan India," .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

video pembuatan kubah masjid | 081235558859

rab pembuatan kubah masjid | 081235558859

tempat pembuatan kubah masjid | 081235558859